Beranda » Bisnis Online di Indonesia

Bisnis Online di Indonesia

Seringkali kita melihat iklan di web mengenai bisnis online, atau bisnis internet, dan cara menghasilkan uang lewat internet dengan jumlah yang wah dalam waktu singkat. ? Sayang sekali, internet bukanlah kotak sulap yang bisa merubah nasib seseorang secara mendadak. ?Paling tidak tidak semua orang. ?Mungkin ada juga Sinta dan Jojo atau Briptu Norman Camaru yang kemarin heboh dan berhasil memperbaiki nasib melalui bantuan youtube. ?Itu bisa dianggap pengecualian – di dunia nyata juga ada orang-orang beruntung yang memenangkan undian toh?

Seperti kehidupan nyata atau offline, dunia online juga memerlukan ketekunan dan keseriusan dalam berbisnis. ?Tidak semudah pasang script lalu uang akan mengalir ke rekening. ?OK, mungkin beberapa orang berhasil dengan cara ini – tapi dengan terus berkembangnya pengetahuan para pengguna internet di Indonesia, tentunya lama-lama cara ini pun akan menjadi kuno.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan uang atau berbisnis melalui internet ini :

Menjadi freelancer melalui portal-portal freelance seperti oDesk.com, Freelancer.com, Guru.com dsb. ?Bagi yang mempunyai kemampuan coding baik Javascript, PHP, HTML, CSS, dsb – kegiatan freelancing di portal-portal tersebut tentunya sudah bukan menjadi hal yang asing. ?Sebetulnya selain coding dan programming, kita bisa juga bekerja freelance sebagai penulis, data entry, translator, dan masih banyak lagi jenis pekerjaan.

Blogging juga bisa menghasilkan uang lho. ?Dengan rajin (berlatih) menulis dan memperhatikan kaidah penulisan di web dan sedikit pengetahuan mengenai HTML dan CSS, kita bisa berpotensi untuk mendatangkan pengunjung atau biasa disebut “traffic” ke blog kita. ?Traffic dalam dunia web bisa diartikan uang. ?Bagaimana bisa? ?Dengan tersedianya layanan iklan online seperti Google Adsense, atau iklan lokal seperti ppcindo.com, adsensecamp, dsb – traffic yang bagus akan sangat berpotensi menghasilkan uang bagi pemilik blog.

Berjualan online – yang ini sangat populer melalui forum jual beli kaskus misalnya, twitter, facebook atau bahkan membuat online store sendiri. ?Berjualan online ini mempunyai keuntungan bahwa pasar kita akan terbuka lebih luas – bisa secara nasional atau bahkan internasional. ?Selain itu berjualan online mempunyai keuntungan bahwa si penjual tidak harus selalu mempunyai stock. ?Metoda penjualan ini sering disebut dengan istilah “dropshipping”. ?Jadi si penjual hanya perlu mempunyai kesepakatan dengan supplier dropship. ?Si penjual akan memajang barang dagangannya di ‘lapak-lapak’ jualan online nya dan begitu ada order – dan pembayaran terkonfirmasi masuk ke rekening si penjual, penjual tinggal meminta supplier untuk mengirimkan barang kepada pemesan. ?Setelah itu penjual akan mengirimkan uang kepada supplier sesuai dengan perjanjian / kesepakatan awal bisnis. ?Ooops. ?Jadi buka kartu nih. ?Gak apa-apa yah, namanya juga berbagi informasi. ?Toh tetap untuk menjadi dropshipper yang baik memerlukan keuletan dan pengetahuan tersendiri.

Sebetulnya masih banyak bisnis-bisnis yang bisa dilakukan dengan cara online, semua itu tergantung dari batas kreatifitas kita. ?Yang penting jujur dan mendatangkan manfaat – Insya Allah akan menjadi barokah.

 

Mungkin ini juga menarik

7 comments

  1. I’ve been surfing on-line greater than three hours today, yet I by no means found any fascinating article like yours. It is pretty price sufficient for me. In my opinion, if all webmasters and bloggers made good content material as you did, the net will be much more helpful than ever before.

  2. fauzan says:

    halo mang memed mau tanya neh saya rencana mau jadi drophipper alhmdah supplier dah ktemu. nah pertanyaannya bagaimana cara promosinya apakah saya harus mengaku sebagai dropshipper atau gak ya mang,kalo bisa jawabannya jangan terserah anda ya mang soalnya saya bingung neh makasih mang atas jawabannya,kalo boleh juga jawabannya kirim ke email saya ya makasih mang memed

    • Mang Memed says:

      Halo kang fauzan, terimakasih sudah bersedia mampir.
      Mengenai terbuka atau tidak nya bahwa kita berdagang sebagai dropshipper, kalau menurut mamang sih yang penting kita berdagang dengan jujur & amanah.
      Jujur berarti kalau kita ditanya – kamu dropshipper ya? Ya jawab iya saja. Gak dosa kok jadi dropshipper.
      Amanah berarti menjaga kepercayaan baik pembeli maupun supplier. Ingat bahwa posisi dropshipper adalah di tengah konsumen dan supplier. Jadi yang kita tawarkan adalah nilai tambah bagi kedua belah pihak. Supplier dipermudah menguangkan barangnya, konsumen dipermudah mendapatkan produk yang diinginkan. Jadi bukan sekedar menjual.

      Ah kepanjangan ya, nanti mamang buat tulisan khusus mengenai dropshipping ini ya. ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *