Beranda » Task Manager pada Ubuntu?

Task Manager pada Ubuntu?

Pagi beberapa para pengguna Microsoft Windows, mungkin Task Manager adalah fungsi yang cukup akrab, terutama pada saat komputer Windows anda ngehang. ?Hehe. ?Biasanya orang mengakses Task Manager dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + Esc. ?Itu juga kalau enggak keburu nemu Blue Screen of Death (BSOD).

Bagaimana dengan Ubuntu? ?Sebagai derivatif Linux, pasti Ubuntu mewarisi kemampuan ‘kill’ untuk membunuh proses yang bandel atau ‘top’ untuk memonitor aktifitas resources kita. ?Tapi di jaman graphical interface seperti sekarang, ada namanya paket “System Monitor” pada Gnome yang dipakai oleh Ubuntu. ?Sekarang, bagaimana caranya supaya bisa mengaktifkan System Monitor dengan kombinasi tombol Ctrl + Shift + Esc? ?Berikut caranya :

Referensi : Ubuntu yang digunakan adalah Ubuntu 12.04 (LTS = Long Term Support). ?Seharusnya di Ubuntu versi sebelumnya juga bisa, hanya agak berbeda sedikit caranya.

Untuk gambar-gambar yang kurang besar / tidak kelihatan klik saja ya, nanti akan muncul versi yang lebih besarnya.

Klik tombol setting (roda gigi yang ada di pojok kanan atas) lalu pilih System Settings…

Terus klik icon Keyboard

Lalu pilih tab “Shortcuts” dan klik tombol “+” yang ada di bawah

Isikan misalnya namanya “System Monitor” (tanpa tanda kutip)pada field “Name” dan “gnome-system-monitor” (tanpa tanda kutip) pada field “Command”

Lalu klik tombol “Apply”

Selanjutnya kita akan dapati shortcut yang baru kita definisikan sudah terdaftar, tapi belum diaktifkan (masih disabled). Shortcut tersebut masuk di kategori Custom Shortcut.

Selanjutnya untuk mengasosiasikan kombinasi tombol yang kita kehendaki sekaligus mengaktifkan shortcut tersebut, klik tulisan “Disabled” tersebut maka tulisan akan berubah menjadi New “New Accelerator”.

Pada saat tulisan menjadi New Accelerator, tekan kombinasi tombol yang diinginkan – dalam hal ini kombinasi tombol “Ctrl + Shift + Esc” secara bersamaan. ?Maka jika berhasil, tulisan akan berubah sesuai dengan kombinasi tombol yang ditekan.

Nah, seharusnya shortcut baru kita sudah terekam dan aktif. ?Silahkan mencoba. ?Jika belum berhasil, coba dulu dari desktop (tidak ada program yang aktif), karena ada kemungkinan kombinasi tombol nya konflik dengan aplikasi yang sedang aktif.

Nah, System Monitor ini berguna untuk memonitor network traffic (buat menganalisa koneksi internet, misalnya), melihat beban processor, memory, dsb. ?Selain itu bisa juga untuk ‘membunuh’ proses yang membandel akibat software crash dsb.

Gimana, Open Source sudah tidak menakutkan lagi kan? ?Tidak lebih menakutkan dari digerebeg hansip & pejabat BSA 🙂

Mungkin ini juga menarik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *