Beranda » Kenapa mau dipaksa?

Kenapa mau dipaksa?

Akhir-akhir ini, saat musim ‘naik sekolah’ dari SD ke SMP atau dari SMP ke SMA, mamang banyak disuguhi cerita mengenai mahalnya biaya pendidikan. Walaupun sekolahnya sekolah negeri, tapi tetap saja masih terdengar suara miring :
“Masuk ke SMPN anu harus bayar sekian belas atau sekian puluh juta…”

Mamang jadi berpikir, kalau memang masuk sekolah negeri harus bayar segitu banyak, kenapa orang tua murid harus memaksakan diri? Secara logika pasar kalau ‘pembeli’ dalam hal ini orang tua murid mau saja ‘ditipu’ untuk membayar sesuatu dengan harga yang tidak wajar, maka sang ‘penjual’ dalam hal ini pengelola sekolah akan semakin mantap dalam melaksanakan kegiatan haram nya.

Padahal kalau orang tua murid beramai-ramai memboykot sekolah tersebut atau lebih baik memilih untuk menyekolahkan anaknya di sekolah swasta yang ‘lebih jelas mahalnya’ maka si pengelola sekolah negeri yang nakal tersebut akan kewalahan juga.

Kecuali kalau masyarakat kita memang sudah kebiasaan membeli solusi, lebih suka membayar untuk menyelesaikan masalah mereka daripada memperjuangkan kebenaran.

Mungkin ini juga menarik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *