Sering lihat yang seperti di atas kan? ?Mungkin buat yang aktif ngaskus juga kenal dengan istilah capcay alias captcha.

Sebetulnya apa si re-CAPTCHA itu? ?Dan apa hubungannya dengan membaca buku? ?Sesuai dengan tagline nya :

“Stop Spam Read Books”

Jadi begini.

Si engkong dulu pernah beli tanah noh di atas bukit sana. ?Nah, sekarang tanah ntu diaku sama wak Haji.

Eh, ?maaf salah naskah.

Ehem. Jadi begini.

re-CAPTCHA ini adalah layanan validator anti-spam gratis yang disediakan oleh Google yang awalnya adalah proyek sekolahannya ?School of Computer Science?di?Carnegie Mellon University. ?Nah, orang yang mau mengirimkan sesuatu apakah itu komen atau posting pada suatu halaman web, akan divalidasi terlebih dahulu oleh re-CAPTCHA ini bahwa dia adalah benar manusia berakhlak baik dan berbudiperkerti (lebay ih). ?Karena, ada juga software-software yang bisa di set otomatis untuk memposting sesuatu pada suat halaman web secara otomatis. ?Kan kasihan yang punya halaman web nya, jadi gak karuan isinya karena dibanjiri posting dari software.

Cukup jelas pan tentang fungsi re-CAPTCHA sebagai anti-spam?

Nah, terus apa hubungannya dengan membaca buku?

Ternyata, gambar-gambar teks gak karuan yang harus di ketik ulang itu berasal dari hasil scan buku-buku dan surat kabar tua. ?Bahkan mungkin suatu saat akan ada CAPTCHA model baru ?- yang mamang gak boleh ungkap di sini. ?Ehem. (sok rahasiawan)

Nah, hasil ketikan kita waktu berusaha melewati validasi CAPTCHA tersebut akan dikumpulkan dan dikomparasi untuk mendapatkan hasil terbaik digitasi atas buku atau koran tua tersebut. ?Jadi, sebetulnya dengan melalui reCAPTCHA, kita sudah berkontribusi untuk membantu mendigitasi buku-buku tua dan mencegah dokumen-dokumen tersebut dari kepunahan. ?Ya mudah-mudahan sih memang untuk peradaban manusia, bukan sekedar untuk keuntungan provider saja.

Terus kenapa tidak menggunakan software OCR? ?Software OCR secara teknis tidak bisa ‘membaca’ gambar teks atau huruf yang sudah ‘lusuh’ atau ‘pudar’. ?Jadi, dengan reCAPTCHA, gambar teks yang kurang jelas itu akan bisa ‘ditebak’ oleh sekelompok orang untuk diambil tebakan mayoritas nya sebagai hasil terbaik. ?Jadi, reCAPTCHA adalah salah satu bentuk crowdsourcing dong? ?Bisa dibilang begitu. Dan hebatnya, orang-orang bisa melakukannya tanpa menyadari bahwa dia sudah berkontribusi pada suatu proses crowdsourcing.