Beranda » Belanja IT Indonesia terbesar di Asia Tenggara

Belanja IT Indonesia terbesar di Asia Tenggara

Penelitian dari?International Data Corporation (IDC) menyimpulkan bahwa belanja IT Indonesia adalah terbesar di Asia Tenggara dan menduduki ranking 19 di dunia.

Analis IDC, Roger Ling – seperti yang dikutip oleh Jakarta Post mengatakan bahwa menurut data IDC, Indonesia telah membelanjakan USD 10.9 milyar pada sektor IT di tahun 2011 dan diperkirakan akan mencapai USD 12.9 milyar pada akhir tahun ini, atau asumsi pertumbuhan per tahun 18.3 persen.

Belanja IT masih didominasi oleh pembelian Hardware, diikuti oleh layanan (services) dan kemudian baru software. ?Ini sejalan dengan fokus pembangunan infrastruktur dalam negeri (RI). Ujar Ling.

Pembelanjaan hardware di Indonesia tahun lalu mencapai USD 11.5 milyar ?dan diperkirakan akan mencapai USD 17.8 milyar pada tahun 2016. ?Sementara itu pembelanjaan IT di sektor software dan services mencapai USD 522 juta dan USD?759juta pada tahun 2011.

Dia (Ling) menunjukkan bahwa penggabungan dari sektor swasta dan pemerintah dalam pembelanjaan IT menempatkan ?Indonesia pada posisi ke 19 di dunia.

Walaupun demikian, peningkatan pembelanjaan IT yang cukup nyata ini tidak langsung berarti peningkatan pada penetrasi IT – karena dalam hal ini penetrasi IT masih terfokus di Jakarta dan sekitarnya.

Saat ini, pemerintah dan beberapa perusahaan telekomunikasi sedang menggarap proyek “Palapa Ring”, yang diharapkan pada saat proyek ini selesai dapat meningkatkan akses broadband internet pada 33 propinsi di seluruh Indonesia.

[box]Mudah-mudahan nilai belanja ini bisa menjadi belanja yang bermanfaat – bukan sekedar menjadi ‘korban komersialisme’ dan selalu berpijak pada asas manfaat.[/box]

Mungkin ini juga menarik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *