Beranda » #Bandungpoin, reward & punishment ala Bandung

#Bandungpoin, reward & punishment ala Bandung

bandungpoin

Masih nyambung dengan ide pengelolaan sampah plastik dengan sistem reward poin yang pernah ditulis sebelumnya – jadi kepikiran kenapa enggak dicanangkan saja #Bandungpoin.

#Bandungpoin ini adalah point yang bisa dikumpulkan oleh anggota komunitas pecinta Bandung dan bisa digunakan (di ‘redeem’) untuk misalnya isi ulang pulsa elektronik, ditukar dengan diskon, dsb. Point ini disimpan dalam sistem keanggotaan online dengan menggunakan media kartu keanggotaan dengan RFID atau barcode yang bisa discan untuk memudahkan transaksi (misalnya pada saat menyetor sampah plastik).

Salah satu cara untuk memperoleh #Bandungpoin ini adalah dengan cara menyetor sampah plastik seperti pada tulisan sebelumnya, atau bisa juga bagi warga Jakarta yang sering berwisata ke Bandung dengan menggunakan kereta api maka seperti program  frequent flyer penerbangan, #Bandungpoin ini bisa digunakan juga untuk memperoleh diskon di hotel, rumah makan atau rental mobil di Bandung. Sehingga diharapkan bisa mengurangi kemacetan di  akhir minggu yang sering menjadi masalah di Bandung akhir-akhir ini -> berarti keanggotaan #Bandungpoin tidak terbatas untuk warga (KTP) Bandung saja tapi bisa untuk siapapun yang sering ‘berhubungan’ dengan Bandung.

Untuk mengurangi arus kendaraan roda empat dari Jakarta pada saat weekend, kartu #Bandungpoin ini juga bisa digunakan sebagai kartu prabayar untuk membayar retribusi pada saat masuk gerbang tol Bandung dari Jakarta. Jadi, reward untuk tidak membawa kendaraan dari Jakarta, dan punishment untuk kondisi sebaliknya.

Secara medsos, #Bandungpoin juga bisa dijadikan ‘badge’ atau sesuatu yang bisa dibanggakan supaya bisa memotifasi teman-teman medsos nya agar ikut berpartisipasi.

Cuma sekedar ide aja sih. Ditulis supaya tidak kelupaan dan berlalu begitu saja.

Mungkin ini juga menarik

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *