Setiap melakukan registrasi apakah kepala keluarga atau anggota keluarga, kita akan mendapatkan email verifikasi / aktifasi pendaftaran. Klik link Aktivasi Pendaftaran pada email yang diterima.  Setelah link aktivasi di klik, kita akan membuka halaman di web BPJS yang berisi link untuk memperoleh Formulir Daftar Isian dan Nomor Virtual Account.

daftar-3

Jika aktivasi tidak berhasil (muncul pesan error), santai saja – pengalaman mamang waktu itu daftar siang hari (jam kerja) sempat error waktu aktivasi. Tapi pas lepas maghrib Alhamdulillah bisa.

Yang penting sebetulnya mengunduh Virtual Account. Virtual Account (VA) ini sebetulnya adalah nomor rekening virtual di Bank Mandiri, BNI dan BRI yang dibuatkan secara otomatis oleh BPJS atas nama yang mendaftar. Nah, hasil unduhan virtual account nya itu kurang lebih seperti berikut :

VA

Nah gunakan nama dan nomor VA dan nama yang tercantum disitu untuk menyetor pembayaran premi BPJS ke salah satu bank tersebut di atas sesuai dengan jumlah kelas nya (contoh di atas kelas I dengan setoran premi bulanan Rp.59.500,-)

Setelah melakukan setoran pembayaran premi, buka lagi link aktivasi pada email yang diterima – maka kita akan mendapatkan satu link tambahan yaitu untuk mengunduh kartu e-ID BPJS yang konon sudah bisa digunakan untuk berobat.

e-ID

Semua dokumen yang diunduh (Formulir Isian, VA dan e-ID) adalah dalam format PDF. Biasanya akan secara otomatis terbuka pada browser. Untuk mengunduh, bisa di klik tombol save pada browser atau klik kanan link dan klik Save Link As…

Berikut contoh e-ID nya

e-ID contoh

Konon katanya e-ID ini bisa ditukar di kantor BPJS dengan kartu BPJS ‘original’. Tapi karena e-ID ini sudah bisa dipakai untuk berobat, kayaknya sih gak terlalu mendesak. Yang penting bayar premi nya jangan lewat tanggal 10 setiap bulan 🙂

Semoga bermanfaat.

 

Share:

Mungkin ini juga menarik