Beranda » Mencoba 4G LTE Smartfren di Bandung

Mencoba 4G LTE Smartfren di Bandung

Penasaran dengan akses internet 4G LTE Smartfren yang konon sudah sampai Bandung, mamang akhirnya nekat memutuskan untuk beli MiFi router Smartfren Andromax M2P.

image

Setelah cari-cari di marketplace online, dapet juga nih harga nya agak miring. Lumayan lebih murah dari yang lain.

Si Akang yang jualnya hati-hati banget, nanya dulu kalau daerah mamang sudah tercover 4G Smartfren atau belum. Soalnya memang harus di perhatikan kalau modem 4G LTE nya Smartfren ini gak ada opsi fallback ke EVDO / CDMA nya. Jadi kalau gak ke cover ya gak bisa dipakai untuk internetan sama sekali.

Mamang sudah check di peta di website nya Smartfren sudah tercover sih. Lagian mamang pernah mergokin yang lagi narik fiber lewat depan rumah pas mamang interogasi katanya buat infra nya Smartfren. Dan ternyata BTS nya gak terlalu jauh dari rumah posisinya. Hehe. Good…good.

Janjian COD… skip… skip akhirnya mamang bawa pulang deh itu device imut unyu.

Sesudah bongkar dus dan sebagainya (keren nya ‘unboxing’), pasang batere… skip…skip lagi. Colokin ke PC lewat USB dan jengjeng di browser kita secara otomatis akan terbuka alamat url smartfren.m2p maka dari situ lah kita bisa atur segala macam setingan modem nya. Dari fungsi cek quota sampai ke setting wifi repeater (lumayan kumplit juga nih MiFi untuk harga segitu mah).

1428295316032

Penasaran… mamang cek speedtest dan dapet nya segini

Screenshot_2015-10-03-21-43-48

Agak dibawah pengharapan sih dibandingkan dengan 4G LTE di ibukota yang konon bisa sampai berpuluh-puluh Mbps… tapi masih lumayan mengingat daerah mamang memang susah dapat akses internet yang murah tapi bagus.

Lalu mamang coba untuk ngerjakan tugas yang kebanyakan sifatnya browsing-browsing, enak juga sih lancar gak ada kendala. Cuma mungkin karena saking lancarnya – itu diisi 2GB langsung tinggal 900MB dalam satu hari 🙁 Keenakan dikasih koneksi lancar malah jadi update-update software sekalaian. Waah kalau begini bisa jebol ah… Ya udah bungkus lagi aja deh daripada besok-besok jatah dapur keserobot beli quota. Balik lagi ke koneksi seadanya dulu :p

Oh ya, paket M2P ini sudah termasuk nomor 4G LTE Smartfren dengan skema tarif Connex EVO (isi pulsa langsung jadi quota data) dan ada jatah bonus 2GB setiap pengisian ulang 100rb. Berapa lama atau berapa kali bonus 2GB ini berlaku, belum ada sumber informasi yang jelas – dari website Smartfren nya sendiri tidak ada informasi sama sekali. Ada yang bilang berlaku selama setahun atau 12x isi EVO Rp.100rb.

Jadi total quota data yang bisa dipakai 24jam didapat dari isi pulsa 100rb adalah:

5GB (EVO 100rb) + 2GB (Bonus paket M2P) = 7GB (24 jam)

dan bonus EVO 100rb berupa quota Internet Malam atau  ‘ngalong’ (jam 01:00 – 06:59 WIB) sebesar 12GB.

Quota tersebut berlaku selama 30 hari, supaya tidak hangus sebelum habis diisi lagi aja 100rb lagi – sehingga bisa terakumulasi sisa quota nya (kalau masih ada).

Dan satu lagi pengalaman yang mamang mau share – ternyata bonus quota ngalong / internet malam tidak berlaku untuk pulsa transfer antar nomor smartfren. Jadi untuk mengisi EVO dan mengharapkan bonus quota – sebaiknya beli pulsa langsung ke nomor EVO tersebut. Mamang salahnya kemarin beli ke nomor lain (maksudnya supaya bisa dapat perpanjangan masa aktif), lalu ditransfer ke nomor EVO tersebut – eh malah gak dapet bonus internet malam nya. Padahal kalau dapat tadinya mau dipakai test download yang gede-gede di saat ngalong. Huft. Ya sudahlah. Kemungkinan bonus 2GB nya juga gak akan dapat kalau lewat transfer – jadi cari aman aja deh.

Secara overall, device ini cukup menyenangkan – koneksi bagus, ukuran cukup ringkas, tipis dan ringan (kecil banget – bisa dilihat dibandingkan dengan batok charger nya hampir sama ukurannya), baterai cukup awet (apalagi kalau power management nya diaktifkan) dan fungsi nya cukup lengkap untuk harga segitu (bisa jadi wifi repeater segala!).

Recommended deh buat yang punya dana 100rb an per bulan untuk internetan seharusnya cukup.

Mungkin ini juga menarik

2 comments

  1. andy says:

    Hem . . .
    Sekarang-sekarang baru ngeh ada internet 4G . . . Ha ha.

    Lagi ngitung-ngitung biaya internet bulanan nih.

    Kemaren ngitung-ngitung, yang paling murah kayaknya Smartfren ya per GB nya . . . Disusul XL dan Indosat.

    • Mang Memed says:

      Hihihi…
      Always welcome di Gatsu – bebas mau donlot apa aja juga hayu. Memang paling murah (dan stabil harganya – jelas aturan tarif nya) sekarang Smartfren sih – tapi harus coba dulu kondisi jaringan nya di sekitar tempat tinggal. Kalau yang lain posisi murah nya beda tipis dan terkadang gantian karena selalu ada perubahan ‘paket promosi’.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *