Kemarin mamang coba ‘mengakali’ kapasitas harddisk laptop mamang yang ‘cuma’ 120GB dengan menggunakan harddisk eksternal USB 3.0. Maksudnya sih supaya praktis waktu lapto dibawa-bawa, si harddisk eksternal nya mamang tempelkan supaya digendong di belakang layar. Tutorial nya bisa dilihat di video mamang di bawah.

Ternyata penempatan harddisk eksternal di belakang layar tersebut menyebabkan koneksi internet melalui wifi terganggu alias disconnected. Akhirnya mamang coba untuk menempatkan harddisk eksternal pada titik tertentu yang tidak menyebabkan gangguan koneksi internet, terkadang hanya disimpan di samping laptop pada saat digunakan di meja.

Setelah mamang cari-cari, ternyata penyebabnya adalah USB 3,0 yang mempunyai signaling rate 5Gb/s yang jika melalui kabel dengan ‘pelindung’ sinyal yang kurang baik akan mengakibatkan interferensi yang dalam hal ini mengganggu sinyal WiFi 2.4GHz pada antena laptop yang terletak di area engsel dan belakang layar laptop.

https://www.intel.com/content/www/us/en/io/universal-serial-bus/usb3-frequency-interference-paper.html

Akhirnya mamang mencoba untuk menggunakan kabel USB 3.0 bawaan dari harddisk eksternal yang lain dan ternyata gangguan WiFi nya bisa teratasi. Padahal kabel yang menyebabkan gangguan secara fisik lebih tebal daripada yang tidak menyebabkan gangguan.

Kesimpulan :

Jika teman-teman mengalami gangguan wifi setelah menancapkan harddisk eksternal atau perangkat apapun lainnya yang mendukung USB 3.0, coba untuk menempatkan perangkat USB 3.0 pada posisi yang agak jauh dari posisi antena laptop (biasanya bagian belakang layar).

Gangguan ini tidak akan terjadi pada penggunaan perangkat USB 2.0. Ada juga trik untuk ‘menggantung’ / mengatur masuknya konektor USB ke laptop ke posisi dengan sedikit jarak – sebetulnya ini menurunkan koneksi USB 3.0 ke USB 2.0 sehingga interferensi tidak terjadi.

Mudah-mudahan informasi ini bisa membantu teman-teman yang mengalami masalah WiFi drop akibat menggunakan harddisk eksternal.

 

Share:

Mungkin ini juga menarik